Tanaman Gantung Lili Paris (Cbloropbytum Capense)



Nama Indonesia : Lily Paris
Nama Ilmiah : Cbloropbytum Capense
Harga : Rp 45.000,-/pot

Tanaman hias akan tampil indah dan menarik bila kita tepat meletakkan tanaman tersebut.
Demikian pula lily paris. Mengingat tanaman ini punya akar yang menjuntai keluar dan bisa menghasilkan bunga-bunga kecil, maka ia bagus sebagai tanaman hias gantung (ditanam dalam pot gantung)
Selain sebagai tanaman hias gantung, lily paris sering pula dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah (ground cover) dalam hal ini, ia tidak sendirian. Pasti ada tanaman utama nya

Perbanyakan tanaman lily paris dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni: memisahkan sebagian rumpun dari induknya, atau memotong "anakan kecil" yang menggantung. Kemudian terserah Anda: mau menanam langsung di halaman rumah sebagai pelengkap taman, atau sengaja menanam dalam pot.

Bila langsung ditanam di lahan, sebaiknya sebelumnya telah dibuatkan lubang-lubang tanam (ukuran panjang 10 cm, lebar 10 cm, kedalaman 10 cm). Tanah galian ditambah pupuk kandang. Biarkan satu minggu, dan setelah itu tanah galian dikembalikan. Masukkan bibit dan padatkan tanah di sekitar bibit tersebut. Siramlah sampai cukup basah.

Bila ingin menanam di pot gantung, hal-hal yang perlu di persiapkan adalah
1 bagian tanah subur,
1 bagian pasir, dan
1 bagian pupuk kompos.
Pada dasar pot diberi sedikit pecahan genting atau bata merah
Bibit ditanam, lalu disiram sampai basah.
Letakkan pot-pot itu di tempat yang teduh dan aman.
Setelah satu dua bulan, sudah tumbuh cukup merumpun, dan bisa digantung sebagai penghias rumah.



Penyiraman dilakukan secukupnya, misalnya 1-2 hari sekali di musim kemarau. Sedangkan di musim penghujan kiranya cukup 1 minggu sekali. Selain penyiraman, pemupukan juga penting, agar lily paris bisa tumbuh subur. Untuk satu pot ukuran 20 cm, beri pupuk NPK sebanyak 4 gram (sekitar 1 sendok teh). Umumnya dipupuk 3 bulan sekali.

Perhatikan, jika tanaman lily paris sudah memenuhi pot dan akar-akarnya telah membentuk bola sampai dinding pot, berarti pot perlu diganti. Sebaiknya pergantian dilakukan pada awal musim penghujan. Pasalnya, pada saat itu, lily paris dalam kondisi pertumbuhan aktif.

Sumber di ambil dari dokumen Nova
foto by. jamal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar